Oleh - Oleh Khas Yogyakarta




Setelah lelah berjalan berkeliling di Kota Yogyakarta, pastinya kita akan langsung mencari buah tangan untuk  sanak keluarga dan saudara di rumah, tak perlu khawatir dan bingung untuk mencari oleh-oleh di Yogyakarta, karena sekarang sudah banyak sekali oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kita  bawakan untuk keluarga di rumah, salah satunya ada Bakpia yang sudah menjadi khas nya Kota Jogja, belum lengkap rasanya kalau ke Jogja gak makan atau bawa bakpia. Bakpia ini gak akan susah di cari, karena akan ada di setiap penjuru Jogja. Tapi kalau mau yang masih hangat dan baru matang, bisa langsung kunjungi Toko dan sekaligus pabrik bakpianya. Waktu itu Saya berkesempatan berkunjung ke Toko sekaligus pabrik Bakpia pathok 25 yang ada di Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten,Kraton, Ngampilan Kota Yogyakarta, jam bukanya itu dari mulai pukul 08.00 – 00.00. Kalau sudah masuk ke Jalan itu, kalian akan melihat banyak jajaran toko bakpia, walaupun banyak pilihan tapi sebenarnya hanya akan berbeda di teksturnya saja.

Di Bakpia Pathok 25 ini ada dua jenis Bakpia, yaitu : Bakpia kering dan Bakpia Basah. Rasanya pun bervariasi, ada rasa coklat, keju, Kacang hijau dan Nanas. Kalau untuk Bakpia basah itu di patok harga sebesar Rp. 30.000, sedangkan untuk Bakpia kering itu sedikit lebih mahal yaitu sebesar Rp. 35.000.
Bakpia Basah rasa Kacang Ijo

Bakpia Kering rasa Keju

Kedua bakpia ini memiliki ketahanan yang berbeda, untuk bakpia basah dia hanya bisa tahan selama 2-3 hari, kalau untuk Bakpia kering dia bisa 4-5 hari. Rasa legit khas dari tiap gigitan bakpia ini akan memanjakan lidah kalian yang gemar rasa manis.



Bukan hanya Bakpia, oleh-oleh manis yang bisa di bawa untuk keluarga di rumah, tapi ada lagi oleh-oleh manis baru yaitu, Coklat Monggo (Chocolate Monggo) yang merupakan oleh-oleh baru yang wajib di beli kalau berkunjung ke Yogyakarta.


Ternyata selain terkenal dengan sejarah kerajaan nya, Kota Jogja ini masih terdapat pabrik pembuatan cokelat rasa eropa yang bernama Coklat Monggo. Coklat bergaya Swiss ini di produksi di Kota Gede, Yogyakarta. Walaupun dulu kita mungkin lebih mengenal daerah Kota Gede itu dengan kampung perak yang dimana setiap sudut jalan itu menjajakan hiasan perak yang di bentuk sedemikian rupa, tapi sekarang kita juga bisa memanjakan lidah dengan berkunjung ke Kota Gede dengan membeli Coklat Monggo. Toko nya itu selain di Jl. Dalem KG III/978 RT 043/RW 010 Kel. Purbayan Kotagede 55173 Yogyakarta – Indonesia ada di Tirtodipuran, jam bukanya dari mulai jam 09.00 – 17.00.

Ada beberapa varian rasa coklat yang diproduksi pabrik itu seperti : Praline – Krim Kacang Mete, Caramello – Krim Karamel, Dark – 58% kakao, Stroberi, Durian, White Chocolate, Mangga, Marzipan, Jahe, Red Chili dan lain lain yang tersedia dalam berbagai bentuk , ukuran dan kemasan seperti bars, tablet dan kemasan khusus. Kemasan yang digunakan merupakan kertas daur ulang yang akan menimimalisir penggunaan plastik dan ramah lingkungan.


Harganya pun bervariasi dari mulai Rp. 20.000 – Rp. 300.000 + di jajakan di Toko ini, harga yang di suguhkan memang tak akan membohongi rasa khas dari coklat ini. Untuk bentuknya pun bermacam-macam, dari mulai yang batangan, miniatur hewan, bunga, bahka sampai sepatu juga bentuk ssepasang pengantinpun bisa menjadi hiasannya.




Dan ada lagi yang paling baru dari oleh-oleh khas Jogja ini, saat lagi marak-maraknya artis membuat kue khas di berbagai kota, kali ini saya berkesempatan mencoba Chusy Cheese Jogja yang merupakan produk dari youtuber tanah air, yaitu Ria Ricis.

Pertama kali kita lihat kemasannya yang khas dengan warna kuning, dan yang sempat saya coba itu ada dua rasa. Rasa Coklat dan Keju. Rasa Keju ini katanya merupakan rasa favorit yang paling banyak di gemari oleh konsumen.


Rasa bolunya memang berbeda dengan kue-kue artis yang lain, ini benar-benar lembut dan terasa banget kejunya, apalagi yang toppingnya juga keju, makin di manjakanlah lidah kita dengan keju yang pecah di mulut. Oh iya . . tekstur bolunya itu lembut pake banget. Kalau memang di suruh milih Coklat atau keju , sepertinya saya akan memiliki keju yang sungguh menggoda rasanya.


Harganya pun bervariasi untuk yang saya coba ini seharga Rp. 65.000 satuannya, kalian perlu tahu di dalam kemasan nya kalian akan mendapatkan kartu yang ada wajah si pemilik produknya, isi kartunya apa gitu? kalian beli aja dulu produknya biar bisa langsung baca kartunya. Di Jogja saya beli di Mall Malioboro, tapi sebenarnya ada juga outletnya di Bandara.




Sekarang tinggal kalian pikirkan mau beli oleh-oleh apa dari Yogyakarta, jangan sampai kalian bingung untuk membelikan oleh-oleh untuk sanak saudara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)