Penggelaman kapal asing di Pantai Pangandaran


Pernah dengar mengenai kapal yang di tenggelamkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusti?

Beberapa tahun silam, Ibu Susi pernah memimpin penenggelaman kapal asing berbendera. Dulu memang sangat gencar mengenai pengawasan sekitar laut, karena sering bermunculan kapal illegal di tengah laut, untuk mengambil ikan-ikan di laut negeri kita atau hanya sekedar melintas saja. Rupanya, hal tersebut membuat Ibu Susi mulai geram, sehingga melakukan aksi penenggelaman kapal asing (FV Viking) yang sudah menjadi target incaran polisi internasional.




Kapal FV Viking ini merupakan salah satu dari kapal lain yang di gunakan untuk menangkap ikan tootfish Antartika dan Patagonia yang langka. Demi kelancaran pergerakannya, menurut beberapa artikel ternyata kapal tersebut sudah 13 kali berganti nama, 12 kali berganti bendera dan 8 kali berganti call sign.

Dalam melakukan penenggelaman tersebut, Indonesia juga bekerja sama dengan Norwegia dan Afrika untuk memastikan kalau kapal tersebut merupakan kapal FV Viking yang sudah di incar oleh kepolisian internasional. Namun kali in penenggelaman tidak di lakukan dengan penembakan, karena Ibu Susi ingin membiarkan sebagian badan kapal tersebut tetap utuh dan bisa di jadikan monument langkah penumpasan pencurian ikan yang di lakukan oleh kapal-kapal asing.



Sehingga sampai saat in bangkai kapal yang dulunya berdiri kokoh mengarungi lautan lepas, sekarang hanya terbaring kaku di  pinggiran pantai pangandaran, rangkaian besi sudah mulai berkarat akibat sering terhempas ombak pantai. Ssetidaknya walaupun sudah menjadi bangkai kapal, badan kapal itu bisa bermanfaat sebagai sarang beberapa hewan kecil yang hidup di laut dan tentunya menjadi objek yang menarik di pinggiran pantai bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai pangandaran.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)