Sulawesi Punya Masamba

Sebuah kota yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, dulu awal mendengar kalau perjalanan besar kita akan menjadikan sulawesi selatan tujuan ekspedisi kita dan terdengar Kota Masamba lah yang akan menjadi Basecamp utama untuk ekspedisi nanti, dengan alasannya karena masih terhitung kota dengan banyak penunjang fasilitas juga di tambah dengan masih kuat signal Handphone seluler di sana.itu berdasarkan hasil analisa sementara sebelum kita tahu kebenaran ada atau tidaknya itu masamba.
Sempat mencari tentang masamba, namun minim sekali informasi tentang kota ini tak banyak informasi yang kita dapat mengenai kota ini, kalau kita cari dengan keyword “Masamba” yang muncul malah informasi mengenai “Evi Masamba” Artis baru jebolan ajang pencarian bakat salah satu Televisi.
Sekilas info yang kita dapat saat mencari informasi tentang Masamba itu seputar Keadaan Geografis
Masamba, dengan luas wilayah 1.068,85 Km2, berada di tengah wilayah Kabupaten Luwu Utara. Posisi yang strategis ini menjadikan Masamba sebagai kecamatan yang ideal untuk dijadikan ibukota Kabupaten Luwu utara. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan  Rampi di bagian Utara, Kecamatan Mappedenceng dan Kecamatan Malangke merupakan batas di bagian Timur dan Selatan. Sedangkan di bagian Barat berbatasan dengan Kecamatan  Baebunta,juga info seputar wilayah administrasi dan transportasi udara (Bandara Perintis). Sebuah Bandara Kecil yang di miliki oleh Kota Masamba  dengan nama Bandaranya yaitu “Bandara Andi Jema” Bandara ini hanya menyediakan 2 maskapai : SMAC tujuan Penerbangan (Palu) , Susi Air Tujuan Penerbangan (Palopo,Makasar, Rampi dan Seko).  


Itulah informasi yang di dapat dari Internet, minim sekali bukan? Sedangkan kebutuhan kita  disana sangat banyak dan tak cukup dengan bahan itu saja. Kebetulan sekali salah satu personil dari tim kita itu memang berasal dari Masamba, dari beliaulah kita coba gali informasi, setidaknya ada gambaran mengenai kota masamba. Dari beliau juga kita yakin masamba itu ada kota kecil dengan berbagai keindahan alam yang dia punya begitupun daerah sekitarnya, limbong, Seko,Poyahaang dan Sipulung.
Dari semua informasi yang sudah  tim gali akhirnya tiba waktu kita di beri kesempatan menginjakan kaki di Kota Masamba. Pertama Kali menginjakan kaki di Masamba di daerah kita tinggal tepatnya di Koramil 11 Masamba , daerah nya nampak tertata dan memang betul ini kota kecil yang cukup ramai. Tapi satu hal yang menarik perhatian kita itu adalah sebuah lahan luas yang berpagar besi nampak terlihat jelas dari tempat kita tinggal, jaraknya hanya sekitar 100m dari Koramil Masamba. Ternyata lahan luas itu adalah Bandara Perintis yang di miliki oleh Masamba atau biasa di kenal dengan sebutan “Bandara Andi Jemma”. Lahan cukup luas dengan hanya ada satu maskapai yang standby disana (saat itu hanya satu yang terlihat). Dan sekarang kita benar-benar bisa mengembangkan lebih luas lagi terkait informasi Masamba.

Kota Masamba juga memiliki udara yang tidak terlalu panas saat kita berada di masamba suhu maksimal bisa sampai 30oC sedangkan malam hari itu bisa mencapai 25oC. Kota ini juga memiliki taman baru nan indah tak jauh dari Bandara itu terdapat “Taman Lestari Sulikan Masamba”sebuah taman yang memiliki pemendangan yang indah karena terdapat sebuah bentangan aliran sungai yang tenang dan cukup bersih.



Selain itu juga ada makanan khas daerahnya yaitu “Kapurung”. Kapurung adalah makanan khas masyarakat Palopo Sulawesi Selatan.Selama ini orang mengenal Coto Makassar sebagai salah satu jenis kuliner paling favorit di Makassar Sulawesi Selatan. 


Memang kelezatan Coto Makassar sudah terkenal seantero negeri kita karena rasanya yang lezat dengan bumbu kaldu sapi yang kental. Namun sebenarnya ada satu lagi jenis makanan khas yang hanya bisa kita jumpai di Sulawesi Selatan yaitu Kapurung.  Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan Tradisonal, Kapurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makasar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.
Kota kecil ini cukup mempunyai kesan-kesan menarik untuk kita, karena Kota Masambalah yang kelak menjadi saksi proses perjalanan kita selama berada di sana.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)