Pelatihan penulisan artikel Topan Rimba & Puspa Rawa

Mengawali pagi dengan berjalan menapaki pinggiran jalan raya terlihat Segerombolan orang dengan mengenakan kemeja rapi layaknya orang kantoran, namun nampaknya dugaan saya salah ternyata mereka bukan akan pergi bekerja untuk mencari lembaran rupiah.Tapi gerak langkah kaki mereka terasa begitu semangat seolah-olah ada yang mereka kejar. Sepertinya langkah kaki itu searah dengan langkah kaki saya yang juga mengarah ke sebuah daerah yang ada di Bandung tepatnya di Jl.Batik Jonas no.11.
Berawal dari sebuah keinginan untuk bisa menorehkan setiap moment perjalanannya dalam sebuah lembaran kertas putih, dari keinginan itu seolah-olah mendorong semangat mereka untuk mengikuti kegiatan pelatihan penulisan yang di selenggarakan di Jalan batik Jonas no.11 ”WanadriCouncil” biasa kita menyebut lokasi pelatihan itu.
Tepat pukul 08.00 WIB kita berkumpul di Pustaka Tropis untuk memulai pelatihan Jurnalistik tersebut, pelatihan kali ini di dampingi oleh Kang Tendy Somantri (Jurnalis Pikiran Rakyat). Sehubungan dengan situasi kita yang tengah ada di musim pengembaraan dan harus menyiapkan perjalanan juga harus mengabadikan perjalanan kita baik dalam bentuk foto ataupun catatan kronologis dari setiap perjalanan tersebut. Dari situlah kita berkeinginan untuk belajar dan mengenal bagaimana cara menulis hingga menjadi sebuah cerita yang menarik pembaca.
Kang Tendi saat pemaparan

Peserta Pelatihan Jurnalistik

Di pelatihan inilah Kang Tendy mencoba berbagi ilmunya dalam menulis sebuah artikel ataupun tulisan sejenisnya, di mulai dengan penggunaaan Bahasa dalam tulisan, mengenal berbagai macam jenis tulisan dan mengemas tulisan itu dengan gaya Bahasa yang bisa menarik si pembaca.



15 menit pertama kita di beri waktu keluar ruangan mencari inspirasi untuk jadi bahan tulisan kita dan nantinya kita bahas bersama-sama. Sangat bervariasi tulisan-tulisan yang di hasilkan dari kita. Ada yang menjadikan kegiatan pelatihan itu menjadi inspirasi tulisan mereka, ada yang menjadi kan orang yang membuang sampah dan pedagang keliling pun bisa di jadikan inspirasi dari tulisan mereka. Ternyata betapa banyaknya hal-hal inspiratif di sekitar kita. Setelah semuanya menuliskan inspirasinya kita pun membahas satu persatu tulisan itu dari segi penulisan dan gaya Bahasa yang di gunakan coba kita pelajari bersama. 
Pelatihan Penulisan artikel
 
Kita pun mengenali macam-macam jenis kutipan, Ketika Kang Tendy memberi kesempatan kita untuk bertanya mengenai materi yang baru saja beliau sampaikan hal serupa pun ternyata ingin di tanyakan oleh kita yaitu ”Terkadang untuk menulis kita sulit untuk memulai Kalimat pertama nya, kira-kira bagaimana mengatasi hal itu?” Itulah selentingan pertanyaan yang ternyata memang di alami oleh kebanyakan orang, dan muncul lagi pertanyaan lain ”Mengurangi pengulangan kata-kata dan membuat tulisan itu menarik si Pembaca itu bagaimana caranya?
”Tulislah hal-hal baru yang mungkin orang tidak tahu dan buatlah dari yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa ” Itulah sekilas jawaban dari Kang Tendy yang bisa menjadi inspirasi buat kita dalam proses belajar ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)