Ciremai Jalur Sadarehe "Pos Registrasi menuju Pos Basecamp"



Perjalanan menuju pos registrasi dari pasar rajagaluh menggunakan motor sekitar 20 menit. Di pos registrasi kita harus melakukan pengisian form registrasi (pengisian data diri pendaki dan list peralatan yang dibawa oleh tim) dan pemeriksaan medis untuk setiap anggota tim nya. Untuk registrasi dikenakan biaya yang bisa kita pilih, yaitu  Rp. 100.000 (Tanpa makan sebelum naik dan setelah turun) atau Rp. 150.000 (include makan sebelum naik dan setelah turun).

Ada juga biaya tambahan untuk transportasi dari Pos Registrasi menuju basecamp menggunakan mobil pick up (Coltbak) dengan harga Rp. 60.000,- per orang (Pulang Pergi), Panjang jalur ±7 KM dengan jalanan bebatuan kerikil yang memakan waktu 40 menit untuk bisa menuju basecamp.

Tapi kalau memang sanggup dan bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk melalui jalur batu kerilkil tersebut, bisa cukup untuk mengirit budget, dengan catatan kendaraannya siap tempur. Kalaupun tidak bisa memanfaatkan fasilitas penjemputan mobil tersebut, kelebihannya kita bisa lebih irit tenaga untuk bisa digunakan dalam proses pendakian nanti. Atau ada yang mau coba untuk jalan kaki? Lebih baik jangan, karena itu pasti akan sangat melelahkan.

Oh iya, informasi aja nih, jadi ada 2 transportasi, yang pertama mobil pick up (Coltbak) dengan fasilitas angkut 10 orang dan truk pasir kisaran 20 orang. Tapi tenang kalau memang tim kalian hanya 2 atau 5 orang, itu bisa di gabung dengan tim lain. Hanya saja harus di perhatikan jam pergerakan turun gunung atau saat tiba kembali di basecamp penjemputan. Kalau tim kalian tiba pertama dan tim lainnya yang satu mobil dengan kalian lebih lama datangnya, kalian harus menunggu dulu sampai lengkap. Karena mobil tidak akan mengangkut kita kembali ke pos registrasi apabila belum lengkap dari kedua tim nya, itupun berlaku untuk mobil truk pasir. Jadi jangan lupa kenalan dan buat janji dengan tim lain yang akan menjadi partner satu mobil nanti, sehingga tidak akan saling tunggu terlalu lama.

Di Pos registrasi pun di sediakan aula (ruangan cukup luas) untuk sekedar bermalam, karena ruangan terbatas. Di sekitar wilayah pos registrasi pun ada homestay (Rumah warga) yang bisa di sewa dengan fasilitas seadanya untuk harga perorang mulai dari Rp. 20.000, homestay semacam tempat bermalam seperti yang ada di jalur pendakian gunung-gunung lainnya, jangan berkespetasi lebih yah gengs!

Untuk tim yang butuh bekal nasi bungkus buat di perjalanan alias stok perbekalan makan siang, biar gak perlu masak, bisa beli di warung nasi bu kursiti. Di sekitaran pos registrasi hanya ada 1 warung nasi bu kursiti dan 1 warung jajanan cemilan dan minuman sachet tepat depan pos registrasi.

Di pos basecamp ada fasilitas warung, kamar mandi dan area gazebo terbuka yang terpasang peta jalur pendakian ada 3 toilet, 1 mushola dan masih ada 1 warung yang stanbdby, untuk sekedar melepas dahaga, cemilan dan membeli rokok.  Untuk pemenuhan air masak bisa dilakukan di basecamp, jangan lupa bertanya kepada petugas sekitar. Lokasi pengisian ada di belakang gazebo (area kebun).

Selesai melakukan pemenuhan air dan pengecekan kelengkapan mandiri secara tim, maka perjalanan pendakian ciremai jalur sadarehe akan di mulai. 


NEXT bakal di ceritain info pos 1 - Puncak yah gengs!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)