CIREMAI JALUR SADAREHE (POS 1 MENUJU PUNCAK)

Keberangkatan tim kami mulai di hari jum'at 16 Juni 2023 dengan kesepakatan titik kumpul di daerah majalengka kota tepatnya di saung erih.

Kami terbagi ketiga titik keberangkatan, yaitu : 2 personil dari Kuningan, 2 personil dari Bandung Barat dan seorang lagi sudah standby di majalengka.

Pembagian tugas tim kami, 2 personil dari kuningan mempersiapkan kebutuhan logistik perbekalan, 2 orang personil Bandung mempersiapkan kebutuhan logistik peralatan tim dan satu orang majalengka bertugas mempersiapkan akomodasi bermalam sebagai lokasi titik kumpul di hari pertama kedatangan dan untuk repack pembagian beban logistic tim.

Setelah lima personil berkumpul lengkap di majalengka dan betistirahat sejenak. Kami melakukan pembagian beban logistik tim, sesuai dengan hasil pembagian yang tercantum dalam ROP (Rencana Operasional Prosedur) yang sudah diatur oleh komandan operasi tim.

Keesokkan harinya pukul 06.30 WIB kami mulai melakukan keberangkatan dari titik kumpul (Saung Erih, Majalengka) menuju pos registrasi sadarehe di wilayah rajagaluh (Desa Payung).

Sambil menuju basecamp kami melakukan pemenuhan perbekalan yang masih kurang di pasar rajagaluh untuk membeli Sayuran, Buah-buahan dan air minum. Dan kami tiba di pos registrasi sadarehe pukul 07.50 WIB. Jadi, untukk yang perlu pemenuhan sayuran bisa mampir di pasar rajagaluh, sebelum belok naik menuju pos registrasi.

Di Pos registrasi satu personil melakukan konfirmasi pendaftaran, sambil bergiliran melakukan cek kesehatan, dan dua personil mencari warung makan untuk pemenuhan perbekalan makan siang dan makan malam tim di warung depan masid dekat pos registrasi.

Pertanggal keberangkatan kami di tanggal 17 Juni 2023, kami di kenakan biaya sebesar Rp. 150.000 (Untuk simaksi, cek medis, 2 trashbag + makan sebelum dan sesudah turun ). Di tambah lagi biaya transportasi Rp. 30.000/orang untuk sekali keberangkatan, jadi kami harus mempersiapkan Rp. 60.000 kebutuhan untuk Pulang Pergi. Sehingga total yang dikeluarkan Rp. 210.000,-/ orang.

Tapi, masih ada paket lain yaitu sebesar Rp. 100.000,- (Tanpa Makan).

(Jangan lupa anggarkan waktu di registrasi harus di disiapkan, karena banyak yang harus di siapkan dan di urus terlebih dahulu).

Dari mulai mengurus pendaftaran ulang, cek medis,  cek peralatan dan briefing arahan dari petugas. Di tambah lagi dengan waktu yang cukup lama untuk menunggu keberangkatan menggunakan mobil coltbak. Ini kalau kita join dengan grup, tapi apabila satu mobil full oleh tim kita, itu bisa lebih cepat.

Pukul 09.08 WIB tim kami berangkat menuju basecamp dengan menggunakan coltbak yang berisi oleh dua tim (9 Orang). Perjalanan dengan jalur bebatuan kerikil menghabiskan waktu cukup panjang sehingga kami tiba di basecamp pukul 10.00 WIB.

Di basecamp satu personil tim kami melakukan pengisian air menggunakan kompan 5 Liter di dekat gazebo basecamp. Mengecek kelengkapan lagi dan pergi ke toilet.

Tepat pukul 10.19 WIB Tim Kami memulai perjalanan dari BASECAMP KEBON RAJA menuju POS 1.

Dari BASECAMP KEBON RAJA (1295 Mdpl) menuju POS 1 (1.525 Mdpl) memiliki jarak 1,1 KM start jam 10.19 - 11.17 WIB. Medan yang dilalui perkebunan rumput liar dengan jalanan cukup menanjak, kemudian masuk batas vegetasi dari perkebunan terbuka ke dalam hutan yang mulai rimbun/tertutup. Untuk jalur awal agaknya cukup untuk penyesuaian suhu tubuh dan pemanasan penyesuaian ritme langkah kaki dan detak jantung. Versi tim kami menghabiskan waktu 62 Menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari Basecamp - Pos 1 jarak 1,1 KM : 45 Menit)

Di Pos 1 kami melakukan istirahat 10 menit. Pukul 11.25 WIB kami melanjutkan perjalanan dari POS 1 LAWANG GEDE menuju POS 2 TEGAL JAMUJU (1.712 Mdpl) yang jaraknya 0,85 KM dengan jalur kebanyakan tanjakan  dan sedikit bonus jalur landai, sehingga kami tiba pukul 12.12 WIB di POS 2. Di Pos 2 kami melakukan makan siang dengan menu makan nasi bungkus (Nasi, telur balado dan orek tempe) yang kami beli saat di pos registrasi, tidak lupa kami membuat air panas untuk menyeduh kopi.

Versi tim kami menghabiskan waktu 47 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 1 LAWANG GEDE menuju POS 2 TEGAL JAMUJU jarak 0,85 KM : 60 Menit)

Karena sekaligus Ishoma kami cukup memakan waktu istirahat sekitaran 60 menit. Di Pos 2 ini lahan cukup luas untuk menjadi pilihan titik makan siang dan ada satu shelter beratap baliho, barangkali ingin berteduh ketika hujan turun, seperti kami yang kebagian hujan di Pos 2. Setelah menggunakan jas hujan kami melanjutkan perjalanan menuju POS 3.

Dari POS 2 TEGAL JAMUJU pukul 13.40 WIB menuju POS 3 KAYU MANIS (1.922 Mdpl) berjarak 0,85 KM dengan medan jalur yang mulai terjal disertai pijakan tanah akar pohon yang cukup panjang dan licin apabila turun hujan. Kami tiba POS 3 pukul 14.30 WIB.

Versi tim kami menghabiskan waktu 50 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 2 TEGAL JAMUJU menuju  POS 3 KAYU MANIS jarak 0,85 KM : 60 Menit)

Lanjut dari POS 3 KAYU MANIS pukul 14.50 WIB kami bergerak menuju POS 4 PENGORBANAN CINTA (2025 Mdpl) dengan jarak 0,65 KM. Jalur kali ini cukup bonus punggungan panjang yang landai, sehingga kami bisa tiba lebih cepat di POS 4 yaitu pukul 15.20 WIB.

Versi tim kami menghabiskan waktu 30 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 3 KAYU MANIS menuju POS 4 PENGORBANAN CINTA jarak 0,65 KM : 60 Menit)

Dari POS 4 PENGORBANAN CINTA kami bergerak pukul 15.25 WIB menuju POS 5 BUYUT KETUG (2217 Mdpl) dengan jarak 0,55 KM dengan jalanan cukup menanjak terus dan hanya menemukan bonus landai sangat sedikit dan kami tiba di POS 5 pukul 16.04 WIB

Versi tim kami menghabiskan waktu 39 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 4 PENGORBANAN CINTA menuju POS 5 BUYUT KETUG jarak 0,55 KM : 60 Menit)

Pukul 16.10 kami bergerak dari POS 5 BUYUT KETUG menuju POS 6 SUMBER HIRUP (2311 Mdpl). Jalur ini sungguh mulai terus menanjak dengan pijakan akar pohon dan tanah lembap yang cukup licin. Dan kami tiba di POS 6 pukul 16.45 WIB. POS 6 ini menjadi salah satu pilihan untuk lokasi camp para pendaki selain pos 8. Lahan disini sangat luas untuk menjadi tempat camp pendaki, hanya saja masih cukup jauh untuk menuju puncak, sehingga ketika memilih untuk camp di POS 6, keesokkan harinya ketika akan summit harus berangkat lebih pagi alias shubuh karena butuh waktu kurang lebih 3 jam lagi untuk menuju puncak.

Tim kami saat itu memilih untuk tetap lanjut dan memilih camp di Pos 8, sesuai dengan perencanaan awal. Di Pos 6 kami hanya melakukan istirahat sejenak dan berbincang tipis dengan pendaki lain yang juga memilih camp di Pos 8.

Versi tim kami menghabiskan waktu 35 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 5 BUYUT KETUG menuju POS 6 SUMBER HIRUP jarak 0,50 KM : 60 Menit)

Setelah beristirahat melepas beban dan berbincang, kami bergerak bersama satu rombongan lain yang juga memilih camp di Pos 8, kami bergerak dari POS 6 SUMBER HIRUP pukul 17.05 WIB untuk bergerak menuju POS 7 TANJAKAN CITA-CITA (2554 Mdpl). Jalur yang cukup menarik pas pertama kali baca namanya, logikanya gini aja, untuk menggapai cita-cita itu sangat susah, berarti jalur tanjakan cita-cita ini akan sangat sulit dan menguras tenaga. Dan benar saja. Kaki terus di paksa untuk melangkah perlahan dengan kepala sambil menunduk, karena sepanjang jalur ini kami hanya melihat tanjakan saja tanpa landai  Mungkin salah satu faktornya ini menuju kawasan batas vegetasi dari hutan tertutup menuju kawasan terbuka padang eddelweis. Sehingga akan terus menanjak dan ketika tiba di POS 7 CAGAK TILU pukul 17.58 WIB. Dengan kondisi mulai gelap, tim sudah mulai melakukan headlamp untuk penerangan. Untuk lahan di POS 7 ini sangat kecil, untuk hitungan orangpun hanya cukup untuk 10 orang saja dengan posisi duduk menggunakan ranselnya. Di Pos ini kami bertemu dengan 3 rombongan lain yang juga tengah beristirahat sejenak, sebelum lanjut ke Pos 8.

Di Pos 7 kami memilih untuk membuat minuman hangat (wedang jahe) terlebih dahulu, sebagai penghangat tubuh dan bekal menuju pos 8, karena suhu mulai terasa dingin dan pandangan pun terbatas.

Versi tim kami menghabiskan waktu 53 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 6 SUMBER HIRUP menuju POS 7 TANJAKAN CITA-CITA jarak 0,60 KM : 90 Menit)

Setelah tubuh dihangatkan dan mulai menggunakan penerangan untuk membantu berjalan dari POS 7 menuju POS 8 KAWAH BURUNG (2670 Mdpl), Kami mulai begerak pukul 18.45 WIB. Jalur yang dilalui saat ini padang eddleweis yang berundak, sehingga jalur yang kami lalui terus menanjak dengan pijakan tanah gembur dan di beberapa jalur, kami menemukan tali sebagai pegangan untuk jalur yang cukup terjal. Apabila melakukan pergerakan saat gelap jangan lupa menoleh kearah belakang, karena ini jalur terbuka, sehingga akan terlihat city light yang cukup bisa menghibur sejenak di tengah kegelapan dan hembusan dingin malam di jalur menuju Pos 8. Setelah melalui jalan menanjak kita akan menemukan jalur menurun dan tibalah kita di Pos 8 yang merupakan savana yang sangat luas Pukul 19.49 WIB.

“AKHIRNYA SAMPAI POS 8!!!”

Versi tim kami menghabiskan waktu 69 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 6 SUMBER HIRUP menuju POS 7 TANJAKAN CITA-CITA jarak 0,60 KM : 60 Menit)

Di Pos 8 kami mulai melakukan tugas sesuai pembagiannya, ada yang membuat tenda dan memasak. Menikmati makan malam sambil berbincang di dalam tenda bersama rekan satu tim itu hal yang paling mengasyikan, setelah seharian berjalan kaki.

Dan keesokan harinya, kami melakukan summit pukul 06.12 WIB dari POS 8 KAWAH BURUNG menuju PUNCAK CIREMAI (3078 Mdpl). Sepanjang jalur summit kami hanya di suguhkan bentangkan bunga eddleweis dan pemandangan langit dengan gumpalan awan kapas sertai sinaran matahari yang sangat menakjubkan, jalanan cukup menanjakpun terasa santai, karena sesekali berhenti menikmati keindahan alam sekitar jalur summit. Sehingga kami tiba pukul 07. 20 WIB.

Di puncak kami menikmati buah semangka dan membuat burger, sebagai asupan tenaga turun menuju camp POS 8 nanti,

Versi tim kami menghabiskan waktu 68 menit.

(Berdasarkan info basecamp Perjalanan dari POS 8 KAWAH BURUNG menuju PUNCAK CIREMAI jarak 2,00 KM : 150 Menit)

Untuk turun dari Puncak kami bergerak pukul 09.30 menuju Camp POS 8, kami menghabiskan waktu 30 menit. Harus berhati-hati sekitaran jam 09.30 ke atas, karena di puncak sudah mulai tercium aroma blerang, sehingga tidak bisa terlalu lama di puncak.

Setelah melakukan packing tenda, peralatan pribadi dan makan siang. Kami lanjut berjalan pulang dari POS 8 pukul 12. 42 WIB menuju POS BASECAMP dengan beristirahat santai cukup lama di pos 3 hanya untuk menikmati kesegaran nata de coco dan lanjut turun, sehingga kami tiba di POS BASECAMP pada pukul 16.50 WIB. Versi tim kami menghabiskan waktu kurang lebih 3,5 Jam.

Dan untuk mobil coltbak jemputan kami sudah standby bersama tim lain yang sebelumnya satu tim transportasi dengan kami. Setelah beristirahat sejenak kami lanjut bergerak dari Pos Basecamp pukul 17.20 WIB menuju Pos Registrasi dengan menggunakan mobil coltbak, karena perjalanan malam, sehingga kami tiba di pos registrasi pukul 18.24 WIB. Di Pos Registrasi kami melakukan laporan tim, membersihkan diri dan makan malam yang di beri dari pihak pos registrasi. Dan melakukan repack logistic, kemudian pasukan bubar jalan ke kota masing-masing pada pukul 21.00 WIB.