Kota Bandung "Sisi Lain Paris Van Java"


Kota Bandung yang menjadi salah satu kota besar  di Indonesia memang tidak di pungkiri lagi keindahan dan kenikmatan yang di suguhkan oleh Kota ini. Kota ini pun memiliki kekayaan tersendiri baik di dunia fashion, kuliner, budaya dan wisata, bahkan kekayaan itu menjadikan ciri khasnya Kota Bandung. Orang lebih mengenal nya dengan sebutan Bandung Kota Paris Van Java.

Kenapa sih Bandung di sebut Kota Paris Van Java?

Kalau kita telusuri sejarah nya sebutan ini memang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Mungkin kalau anak 90-an belum lahir deh.
Dan alasan lainnya konon dari dulu Bandung sudah terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan cuacanya, itu menurut kolonial Belanda loh. Tapi kayanya kalau alasan ini memang masih bertahan sampai sekaran deh.
Situ Lembang
Kawah Putih

Dulu Kolonial Belanda mengatakan kalau geografis kota Bandung ini mirip dengan daerah perancis, sehingga dulu penataan Kota Bandung itu serupa dengan suasana europa. Ini bisa kita lihat di sepanjang Jalan Braga – Jl. Asia Afrika.
Jl. Braga

Jl.Asia Afrika

Tapi di balik keindahan Kota Bandung masih ada sisi lain yang harus kita tengok nih, coba kalian perhatikan kalau jalan-jalan ke daerah cihampelas yang memang menjadi pusat belanja para shopa holic, di keramaian dan kemewahan itu ada keramaian yang berbanding terbalik.
Ciwalk

Wisata Kuliner Cihampelas
Kepadatan pemukiman tamansari

Perumahan pinggiran sungai Jl. Plesiran (Belakang Cihampelas)
Masih ada pemukiman padat yang silih himpit satu rumah dengan rumah lainnya yang hanya bisa memanfaatkan lahan seadanya, bahkan sampai ke pinggiran bantaran sungai.
Pemerintah Kota Bandung pun sebenarnya sudah memperhatikannya sedari dulu, tapi mungkin ini masih dalam proses perencanaaan, karena penataan sebuah kota ini cukup butuh waktu panjang dan di butuhkan kerja sama masyarakat sekitarnya.
Teras Cikapundung Masa Kini (Setelah dilakukan penataan oleh pemkot)
Jangan sampai ketika orang sudah mengenal Kota Bandung dengan segala keindahannya, malah terusak oleh pribuminya. Setidaknya Kita juga harus bisa menjaga dan bukan hanya sekedar bisa menikmati saja.

BANDUNG JUARA !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)