Bunga Teratai (Bajulmati Malang)

Rawa Teratai
Hamparan rawa berdampingan dengan petak-petak sawah yang nampak hijau ini bernama Rawa Teratai yang berada di dekat Dusun Bajulmati Kabupaten Malang.
Rawa Teratai
Kami mengenalnya ini buah terate biasa warga sana menyebutnya. Apabila biasanya kita melihat bunga-bunga teratai yang hidup di air untuk saat ini kita perhatikan buah dari bunga terate itu.
Salah satu bagian dari bunga teratai yang di nilai sebagai sebuah lambang kesucian untuk para umat yang beragama Budha. Bagian yang berasal dari biji bunga teratai ini di percaya oleh warga sana untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti : Menurunkan panas, membantu menghentikan diare bahkan bisa juga membantu ginjal dan jantung kita lebih kuat.
Bentuk biji buga teratai ini apabila bila di lihat selintas sedikit menggelikan, karena lubang-lubang yang ada di kelopak bunganya itulah yang terlihat sedikit aneh.


Biji Bunga Teratai
Kelopak bunga teratai ini berbentuk bulat dengan lubang-lubang tempat biji teratai nya yang berjumlah kurang lebih sekitar 20 lubang untuk satu bunga, biji nya berwarna hijau atu coklat dan rasanya manis namun agak sedikit pahit seperti buah melinjo.


Buah bunga teratai

Pak Izar (Warga)

Mencoba buah teratai

Warga sekitar biasa nya mengkonsumsi biji teratai itu dengan cara di masak menjadi lauh untuk makan sehari-hari dan bahkan tidak jarang ada juga yang memakan langsung buah biji tersebut. Selain mereka mengkonsumsinya ada pula warga yang menjual nya di pasar, dengan bentuk perikat seperti menjual sayuran sejenis kangkung atau bayam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Perjalanan Pendidikan Dasar Wanadri

Materi Psikologi Sosial MOTIF

TAHUN PERTAMA KAMI SEBAGAI ANGKATAN TOPAN RIMBA & PUSPA RAWA (DIES #1)